PSU Seri Corsair Dan Penjelasannya

PSU Seri Corsair Dan Penjelasannya

Ketika anda berencana untuk membeli sebuah PSU untuk rig anda, salah satu yang terbaik biasanya hadir pada pilihan Corsair. Namun, terkadang kita suka bingung mengenai variasi yang dihadirkan oleh jajaran produk mereka, karena ada banyak sekali seri yang dimiliki Corsair dengan tumpukan kode yang bertebaran pada setiap seri PSU mereka. Nah, kode-kode ini sebenarnya memang memiliki arti dan tujuan tersendiri untuk dihadirkan, apalagi mereka memberikan semacam kelas tersendiri dari produk PSU yang dihadirkan untuk pelanggan dengan kebutuhan yang berbeda, termasuk juga pada pilihan harga. Penasaran apa saja arti dari setiap kode produk pada seri PSU Corsair ini? mari kita cari tahu lebih dalam dibawah ini.

Corsair pada dasarnya hadir sebagai salah satu produsen yang terbaik untuk kebutuhan perangkat PSU yang berkualitas. Namun, banyak orang yang belum mengetahui secara pasti bahwa mereka juga memiliki pilihan produk yang berbeda dari setiap seri yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan dan pilihan harga yang ditawarkan. Misalnya, kita biasanya melihat dan memperbandingkan antara PSU Corsair seri VS dan seri CX. Kadangkala kita bertanya, mengapa seri VS memiliki harga jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan seri CX, padahal ia memiliki kapasitas Watt jauh lebih tinggi.

Disinilah pentingnya bagi kita untuk mengetahui tujuan dan nilai dari kode tersebut, karena setiap kode yang dihadirkan memiliki tujuan, kelas, kualitas dan tentu saja pilihan harga. Jadi, mari kita bahas satu-persatu mengenai arti kode-kode tersebut dibawah ini.

Corsair PSU
Series
Wattage Range80 PLUS
Certification
Zero RPM
Fan Mode
Cable ConfigurationCorsair LinkWarranty
AX1500i1500TitaniumYesFully modular with
low profile black cables
Corsair Link
Advanced
10 Years
AXi Series760, 860, 1200PlatinumYesFully modular with
low profile black cables
Corsair Link
Advanced
10 Years
HXi Series750, 850, 1000,
1200
PlatinumYesFully modular with
flat black cables
Corsair Link
Digital
10 Years
HX Series750, 850, 1000,
1200
PlatinumYesFully modular with
low profile black cables
10 Years
RMi Series650, 750, 850,
1000
GoldYesFully modular with
flat and sleeved black cables
Corsair Link
Digital
10 Years
RMx Series550, 650, 750,
850, 1000
GoldYesFully modular with
flat and sleeved black cables
10 Years
SF Series450, 600GoldYesFully modular with
flat and sleeved black cables
7 Years
TX-M Series550, 650, 750,
850
GoldNoSemi-Modular with
low profile black cables
7 Years
CX-M Series430, 500, 600,
750, 850
BronzeNoSemi-Modular5 Years
CX Series450, 500, 600,
750
BronzeNoFixed5 Years
VS Series400, 500, 600WhiteNoFixed3 Years

1. Corsair Seri VS

Mari kita mulai dari pilihan terbawah. Seri VS sebenarnya ditujukan bagi para pengguna yang memiliki anggaran terbatas, namun menginginkan PSU yang sangat baik untuk kebutuhan daya pada rig yang mereka miliki. Harga yang ditawarkan pada seri PSU ini biasanya memiliki harga terendah, cukup terjangkau, namun masih memiliki kualitas yang cukup baik.

Seri VS masih menawarkan kualitas dengan rating 80 PLUS (white) dengan menawarkan tingkat efisiensi hingga 80%. VS Series biasanya hadir dengan kabel tetap (non modular),  konektor hitam, diameter besar, kipas yang dikendalikan secara termal saat berlari pada beban rendah. Dan rel DC ke DC memastikan kompatibilitas dengan status sleep power CPU yang lebih rendah. Pilihan kapasitas Watt-nya pun terbatas, anda biasanya tidak akan melihat PSU ini diatas 600W. Walaupun ini merupakan pilihan entry level, Corsair masih menawarkan garansi hingga 3 tahun untuk PSU seri tersebut.

2. Corsair seri CX-M Dan CX

Sedangkan pilihan CX dan CX-M, sebenarnya lebih tepat untuk mereka yang menginginkan kualitas lebih baik jika dibandingkan dengan seri VS. Kualitas yang dihadirkan pun sedikit lebih baik dari seri sebelumnya (VS) dan tentu saja pilihan varian juga lebih banyak hingga 750W. Untuk pilihan harga, seri CX biasanya hadir hadir jauh lebih mahal jika dibandingkan seri VS, dan seri CX-M (biasanya hadir dengan kabel semi-modular) memiliki harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan seri CX dan varian yang hadir juga jauh lebih lengkap hingga maksimal 850W.

Salah satu kelebihan seri CX dan CX-M ini adalah rating 80 PLUS Bronze, dimana PSU ini mampu menghemat daya kelistrikan hingga 85%. Selain itu, PSU seri ini juga biasanya tersedia dalam berbagai konfigurasi untuk membantu pengguna untuk memilih dengan tepat jumlah daya yang dibutuhkan. Garansi yang ditawarkan untuk produk seri ini maksimal hingga 5 tahun.

3. Corsair Seri TX-M

Power supply CORSAIR TX-M memiliki fitur yang hampir sama dengan seri CX-M (dengan fitur semi modular) namun kelebihan dari PSU ini adalah rating efisiensi 80 PLUS Gold yang akan mememberikan tingkat efisiensi hingga 90% serta voltase yang jauh lebih ketat dengan pilihan low profile black cables. PSU ini biasanya hadir mulai dari pilihan 550 hingga 850 Watt dengan garansi hingga 7 tahun.

4. Corsair Seri SF

Seri SF biasanya hadir dengan fitur kabel full modular serta hanya dua pilihan saja, yakni SF 450 dan SF 600. Tidak ada pilihan yang watt yang lebih tinggi dari itu, namun memiliki keistimewaan tersendiri yang hadir didalamnya. Itulah makanya kita sering melihat harga yang ditawarkan jauh lebih mahal jika dibandingkan seri sebelumnya pada kapasitas watt yang sama.

Pasokan daya SF Series sangat ideal dalam bentuk form factor SFX. Mereka memiliki fitur yang ditemukan dalam persediaan daya dengan kualitas yang sangat baik, apalagi hadirnya sertifikasi Ultra 80 PLUS Gold yang super yang efisien, peraturan voltase yang superior, mode Zero RPM untuk pengoperasian yang sangat tenang, dan kapasitor Jepang untuk keandalan yang lebih baik. Garansi yang ditawarkan pada pilihan PSU seri ini hingga 7 tahun.



5. Corsair Seri RMx dan RMi

Seadangkan untuk pilihan seri RMx dan RMi ditujukan untuk kelas menengah hingga kelas atas dengan anggaran yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan daya yang akan dihadirkan. Pilihan yang tersedia pun cukup lengkap dimulai dari pilihan (untuk seri RM) watt 550 hingga 1000W. Sedangkan untuk seri RMi dimulai dari pilihan kapasitas watt 650W hingga 1000W. Semua seri PSU ini memiliki fitur kabel full modular.

Pasokan listrik seri RMx dan RMi ini dibangun dengan komponen premium agar menghasilkan performa hebat dengan noise yang sangat rendah. Mereka semua memiliki sertifikasi 80 PLUS Gold dan memberi anda peraturan tegangan yang sangat ketat untuk pengoperasian yang hampir sunyi. Dengan semua kapasitor 105 ° C Jepang, ini merupakan pilihan tepat bagi anda yang memiliki PC dengan kinerja tinggi dimana kehandalan sangat penting. Set kabel modular sepenuhnya membuat instalasi dan swapping sangat membantu, apalagi hadirnya kompatibilitas Link RMi (khusus RMi), pengguna bisa memantau dan mengendalikan aspek catu daya, yang sebelumnya tidak tersedia bagi pengguna. Corsair memberikan garansi hingga 10 tahun untuk PSU ini.

6. Corsair Seri HX dan HXi

 

Pilihan yang sangat baik bagi mereka yang menggunakan PC mereka untuk sistem gaming tinggi, overclocking dan lain-lain adalah seri HX dan HXi. Pilihan PSU ini biasanya hadir dengan kapasitas watt minimal 750 hingga 1200W dengan beberapa fitur terbaik hadir didalamnya serta fitur kabel Full modular untuk kemudahan pengguna.

Hadirnya sertifikasi efisiensi 80 PLUS Platinum akan mememberikan tingkat efisiensi hingga 92%, serta PSU akan beroperasi lebih sejuk, tenang dan efisien. Keuntungan dari Model Seri HXi justru akan membawanya lebih jauh bagi pengguna dengan sistem pemantauan dan kontrol Corsair Link, serta pilihan kipas yang lebih baik. Corsair memberikan garansi hingga 10 tahun untuk PSU seri ini.

7. Corsair Seri AXi

Dan yang terakhir adalah seri yang terbaik dan ditujukan bagi mereka yang memiliki komponen rig terbaik didalamnya, yakni seri AXi. Anda tidak akan melihat pilihan watt terendah dibawah 700 W untuk seri ini, karena ia hanya tersedia dalam pilihan mulai dari 760W hingga yang tertingg 1500W. Mereka yang menginginkan kapasitas watt terbesar dan pilihan terbaik tentu seri AXi merupakan salah satu yang terbaik untuk dipertimbangkan.

Seri AXi dirancang untuk digunakan pada PC dengan performa yang sangat tinggi. Ini adalah lini pertama perlengkapan komputer desktop yang dikendalikan oleh prosesor sinyal digital untuk efisiensi yang luar biasa tanpa mengurangi kinerja listrik. Hadirnya tingkat efisiensi 80 Plus Platinum, fitur kabel full modular, Zero RPM Fan Mode dan komponen yang sangat berkualitas tentu akan memberikan anda pengaturan daya yang maksimal dengan tingkat efisiensi yang jauh lebih baik. Bahkan Corsair berani memberikan garansi hingga 10 tahun untuk seri ini.

Kesimpulan

Nah itu dia penjelasan berbagai kode produk untuk seri PSU dari Corsair sesuai dengan kelas dan tujuan mereka dihadirkan. Anda sekarang tidak akan lagi kebingungan untuk mencari pilihan PSU seri Corsair yang ideal untuk anda, dan yang pasti sesuaikan anggaran yang anda miliki. Ketika anda sudah siap untuk membeli PSU dari jajaran Corsair ini, anda bisa mempertimbangkan beberapa daftar harga Corsair pada link kami disini. Jika tertarik, anda bisa membeli langsung dan juga tentu membantu kami juga, :D.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Login, Session, dan Logout

Cara Membuat File Setup / Installer Aplikasi Sendiri dengan Inno Setup Compiler