Cara menambahkan tingkat volume dan meningkatkan kualitas berkas Mp3, Mp4, FLAC, Ogg, APE, AAC, Wav

Cara menambahkan tingkat volume dan meningkatkan kualitas berkas Mp3, Mp4, FLAC, Ogg, APE, AAC, Wav

1. Mengurangi ukuran berkas Mp3, Wav dan FLAC
2. Temuan
Penanganan berkas Mp3, FLAC dan Wav dapat dibagi menjadi 2 jenis: distorsi dan non-distorsi. Dan jika cara pengolahan distorsi mengubah relasi asli tingkat dan frekuensi amplitudo, cara non-distorsi pengolahan mengubah tingkat semua amplitudo sama rata atau meninggalkan tingkat tetap ke semua amplitudo dan frekuensi suara.
Cara pengolahan distorsi yang paling tersebar luas adalah penggunaan equalizer, dan cara pengolahan non-distorsi yang paling tersebar luas adalah menggunakan normalizer. Dalam artikel ini kita akan melihat pada normalizer.
Guna normalisasi ini adalah amplitudo mengubah sinyal audio asli dan bentuknya tetap sama.
Dan rasanya terdengar perubahan kekuatan suara atau volume.
Mengubah volume disertai dengan perubahan dalam rentang dinamis, yaitu rasio nilai paling keras sampai nilai tanda bunyi yang paling sunyi.
Dengan peningkatan volume bertambah, dan rentang dinamis. Pembatasan, pengurangan dalam rentang dinamis dan volume disertai dengan fakta bahwa musiknya terdengar persis, monoton, semua dengan volume yang sama, ini menjadi membosankan, tidak ekspresif, lebih datar, ekspresi dan dinamisme menghilang, kecerahan persepsi hilang.
Tentu saja, Anda dapat menggunakan pena atau tombol volume dan hanya menambah volume, tanpa bantuan normalizer tapi jika Anda tidak memiliki satu lagu, melainkan sekelompok lagu, atau lagu-lagu, ini memberikan ketidaknyamanan yang nyata. Setiap komposisi memiliki volume, rentang dinamis dan volume rata-rata tersendiri.
Jika semua lagu atau komposisi musik dieksekusi dalam satu gaya atau genre, sebagai peraturan, kita dapat membatasi puncak normalisasi. Puncak normalisasi untuk kelompok komposisi memperbaiki untuk masing-masing volume komposisi, rentang dinamis pada tingkat yang sama sehingga semua komposisi memiliki rentang dinamis atau volume yang sama.
Jika semua lagu atau komposisi musik dieksekusi dalam gaya yang berbeda atau genre, sebagai peraturan, berupaya untuk normalisasi pada tingkat rata-rata. Normalisasi pada tingkat rata-rata untuk kelompok komposisi memperbaiki volume atau rentang dinamis pada tingkat yang berbeda untuk setiap komposisi tergantung pada nilai rata-rata volume komposisi ini yang menciptakan sensasi volume yang identik dalam transisi dari satu lagu ke yang lain untuk seluruh kelompok dari lagu.
Mari kita pertimbangkan normalisasi suara dengan referensi pada program Sound Normalizer.
Tidak seperti editor suara semacam "Sound Forge", yang menormalkan berkas Mp3, pertama mengubah berkas Mp3 ke berkas Wav, kemudian menormalkan berkas Wav dan kemudian mengubahnya kembali ke berkas Wav ke Mp3 - Sound Normalizer menormalkan berkas Mp3 tanpa transformasi atau konversi apa pun dan dengan demikian mengubah informasi layanan di setiap kerangka (frame) berkas Mp3.
Juga, berbeda dengan pemutar seperti "foobar 2000", yang menormalkan berkas Mp3 menggunakan APEv2 tag ini sementara meninggalkan setiap kerangka berkas Mp3 tidak tersentuh – Sound Normalizer tidak menggunakan APEv2 tag untuk normalisasi, yang memungkinkan untuk mendengarkan berkas Mp3 di pemutar "besi" dengan memori kilat. Selain itu Sound Normalizer melakukan tes dan normalisasi secara terpisah untuk setiap saluran yang memungkinkan Anda untuk secara otomatis menyesuaikan dengan normalisasi tingkat volume setiap saluran ke tingkat yang sama yang meningkatkan efek stereo.
Unduh Sound NormalizerSoundNormalizer.exe
Sebelum normalisasi Anda perlu membuka berkas tersebut.
Program ini memiliki dua mode tunggal dan sekumpulan.
Mode Tunggal
Mode Sekumpulan
Dalam mode pemutar tunggal untuk membuka berkas, jalankan perintah "Buka(Open)".
Untuk memasukkan mode sekumpulan Anda perlu melaksanakan perintah "Pemroses Sekumpulan(Batch Processor)".
Pada Pemroses Sekumpulan untuk membuka berkas ada tiga cara:
Tambahkan
Tambahkan
  • Jika Anda menggunakan perintah "Tambah Berkas" itu dapat memilih berkas Mp3, Mp4, FLAC, Ogg, APE, AAC, dan Wav atau berkas-berkas;
  • Jika Anda menggunakan perintah "Tambah Folder" itu dapat memilih semua berkas Mp3, Mp4, FLAC, Ogg, APE, AAC, dan Wav dalam folder ini;
  • Jika Anda menggunakan perintah "Tambah Folder" itu dapat memilih semua berkas Mp3, Mp4, FLAC, Ogg, APE, AAC, dan Wav dalam folder ini dan semua subfolder yang terdapat dalam folder itu.

Program untuk normalisasi berkas Mp3 pada tingkat rata-rata dengan definisi pangkasan (clipping). Karena setelah kompresi berkas Mp3 sering kali tingkat suaranya dekat dengan tingkat puncak atau melebihi normalisasi puncak untuk Mp3 yang satu itu tampaknya tidak tepat.
Pilihan terbaiknya adalah kombinasi normalisasi pada tingkat rata-rata dengan normalisasi puncak mencegah sebuah pangkasan.
Sebuah pangkasan – sebuah distorsi dari sinyal audio, yang diekspresikan dalam munculnya "desis" dan "kertak".
Sebuah pangkasan muncul pada berkas Mp3 ketika konversi berkas Wav berlangsung dengan tingkat puncak di atas 90%, jadi sebelum Anda mengonversikan berkas Wav ke Mp3 lakukan normalisasi puncak berkas Wav supaya tidak lebih dari 90%.
Silakan dengarkan dan lihat tanda bunyi yang sama tanpa pangkasan dan dengan pangkasan.
No Clipping
Sound Normalizer
Sound Normalizer
Clipping
Sound Normalizer
Sound Normalizer
Untuk berkas Mp3Mp4FLACOggAPEAAC dan Wav baik mode tunggal dan sekumpulan untuk normalisasi pada tingkat rata-rata disarankan untuk memeriksa dan menentukan tingkat normalisasi maksimum yang disarankan tanpa pangkasan.
Test
Test
Test
Tingkat normalisasi maksimal yang disarankan tanpa pemotongan - adalah tingkat normalisasi optimal yang menghilangkan pangkasan dan menyediakan kualitas suara yang maksimal.
Dalam mode sekumpulan tingkat normalisasi sekumpulan maksimal yang disarankan dari daftar pengolahan tanpa pangkasan - adalah tingkat normalisasi optimal yang menghilangkan pangkasan dan menyediakan kualitas suara yang maksimal, yang dihitung untuk pengolahan daftar sekarang ini.
Batch Test
Batch Test
Dalam mode sekumpulan, ada perintah "Normalisasikan setiap berkas pada tingkat maksimal tanpa pangkas" (Normalize each file on a maximum level without clipping) - ini merupakan implementasi dari normalisasi puncak pada tingkat maksimal untuk berkas Mp3, yaitu di setiap volume berkas yang meningkat hanya cukup seiring pembicara tidak "gemeretuk" dan volume maksimal yang mungkin.
"Simpan rasio di antara saluran-saluran" tidak aktif secara standar dan Sound Normalizer secara otomatis menyesuaikan sesuai dengan tingkat puncak rata-rata atau volume setiap saluran. Ketika perintah ini Sound Normalizer akan mempertahankan rasio asli dari tingkat volume sebelumnya di antara saluran-saluran dengan meningkatkan volume setiap saluran ke nilai yang sama pada tingkat tombol kendali sinkronisasi normalisasi yang diberikan. Artinya, perintah "Simpan rasio di antara saluran-saluran" memungkinkan Anda untuk mengubah volume dari dua saluran stereo (kiri, kanan) ke nilai yang sama, dan dengan demikian mempertahankan perbedaan volume aslinya di antara saluran-saluran. Dalam sinyal stereo dua saluran ini dipilih memiliki amplitudo atau kenyaringan maksimal. Berdasarkan informasi ini dan normalisasi dilakukan secara bersamaan dalam dua saluran.
mp3 normalizer
Tingkat normalisasi untuk berkas Mp3 dalam program Sound Normalizer diekspresikan sebagai persentase dari nilai 89 dB. Yakni 89 db - merupakan 100%.
89 dB - didefinisikan oleh pertimbangan praktis untuk mayoritas tingkat volume berkas Mp3, di mana tidak ada pangkasan.

Mengurangi ukuran berkas Mp3, Wav dan FLAC

Jika Anda ingin mengurangi kualitas dan ukuran berkas mp3, maka Anda perlu menggunakan pengubah (converter) atau pengubah dari mp3 ke mp3.
Sound Normalizer termasuk pengubah dari mp3 ke mp3 dengan pelestarian asli ID3 label v1 dan v2 (Artis / Judul / Genre dan sebagainya.).
Perlu dicatat bahwa bertambahnya laju aliran atau laju bit berkas mp3 tidak meningkatkan kualitas suara dari berkas.
Kembali pada mode sekumpulan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, Anda akan melihat kolom "Ukuran yang diperkirakan dari" nilai dalam kolom ini akan diperbarui setiap kali Anda berada di pengaturan enkoder (tombol "Pengaturan ..." format Keluaran "MP3" di " Konversi Sekumpulan" ) tekan tombol "Terapkan" atau "OK."
Estimated size
Estimated size
Untuk mengurangi ukuran berkas mp3 lebih baik kurangi kecepatan aliran atau laju bit. Dalam kasus ini Anda memiliki 3 variasi mode kompresi aliran data:
  • 1. Dengan kecepatan aliran konstan (Laju bit Konstan (Constant bitrate), CBR);
  • 2. Dengan kecepatan aliran variabel (Laju bit Variabel (Variable bitrate), VBR);
  • 3. Dengan kecepatan aliran rata-rata (Laju bit rata-rata (Average bitrate), ABR).

Mode CBR akan memberikan Anda ukuran berkas mp3 yang telah diprediksi.
Mode VBR akan memberikan Anda nilai pengurangan berkas mp3 yang tak terduga.
Mode ABR akan memberikan Anda ketepatan prediksi nilai pengurangan berkas mp3 yang jauh lebih besar (bila dibandingkan dengan VBR).
Setelah Anda telah memindahkan berkas suara format FLAC menggunakan Sound Normalizer Anda dapat mengurangi ukuran berkas .flac setidaknya 10%. Untuk melakukan ini, Anda perlu membuka berkas .flac dan mengurangi tingkat normalisasi berkas didasarkan pada kenyataan bahwa penurunan tingkat normalisasi per 1% mengurangi ukuran berkas .flac setidaknya 0,2%.

Temuan
Normalisasi - adalah tipe penanganan non-distorsi.
Normalisasi disertai dengan perubahan dalam volume atau rentang dinamis, itu adalah hubungan nilai yang paling keras sampai dengan nilai tanda bunyi yang paling sunyi.
Normalisasi memungkinkan untuk meningkatkan kualitas: Jika berkas Mp4, FLAC, Ogg, APE, AAC, Wav, diterjemahkan menjadi peningkatan dalam rentang dinamis untuk berkas Mp3 hal ini diungkapkan dengan penyisihan pangkasan (clipping).
Mulai normalisasi berkas Mp3, Mp4, FLAC, Ogg, APE, AAC dan Wav harus diingat bahwa ada 2 macam normalisasi:
  • Normalisasi puncak;;
  • Normalisasi pada tingkat rata-rata..

Anda harus tahu bahwa ada 2 mode normalisasi:
  • Tunggal;;
  • Sekumpulan..

Normalisasi sekumpulan bekerja dengan daftar pengolahan dan memungkinkan untuk menyelaraskan volume yang dirasakan untuk kelompok komposisi. Jika kelompok mengetrek semua lagu milik genre atau gaya musik yang sama, biasanya cukup dan normalisasi puncak.
Jika komposisi kelompok adalah lagu-lagu milik genre yang berbeda, biasanya diperlukan untuk menggunakan normalisasi pada tingkat rata-rata.
Untuk berkas Mp3 harus gunakan normalisasi pada tingkat rata-rata, karena volume mereka biasanya setara dengan atau melebihi maksimum, yang menyebabkan pangkasan. Di samping itu, karena ukurannya yang kecil pada disket (disk) atau memori kilat (flash memory) adalah jumlah berkas Mp3 yang besar, yang sering milik genre musik yang berbeda. Oleh karena itu, untuk berkas Mp3 penggunaan normalisasi yang optimal pada tingkat rata-rata bersama dengan normalisasi puncak mencegah pangkasan dan memaksimalkan kualitas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Login, Session, dan Logout

Cara Membuat File Setup / Installer Aplikasi Sendiri dengan Inno Setup Compiler